Sunday, March 3, 2013

Analisis Goal dan Problem



Analisis Goal dan Problem
         Perusahaan mempunyai tujuan tertentu. Tujuan digunakan dalam mekanisme kontrol untuk perusahaan. Perusahaan menentukan targert dan proses menuju target diukur. Goal harus bisa diukur dan tujuan sebaiknya berfokus pada hasil. Tujuan yang berbeda dapat memiliki rentang waktu perencanaan yang berbeda, rentang  waktu ini berfungsi untuk mengkategorisasikan tujuan taktikal atau long-term. Tujuan taktikal berhubungan dengan short-term tactics dan perencanaanya hanya untuk setahun sampai dua tahun. Sedangkan tujuan long-term berhubungan dengan perencanaan yang penting, waktunya lima tahun atau lebih. Perencanaan strategis dalam bisnis dilakukan terpisah untuk jenis rentang waktu taktikal dan long-term.
        Perencanaan taktikal berfokus pada target pendapatan, keuntungan, quota penjualan, produk yang akan dijual berikutnya, dan juga pekerja baru yang akan dipekerjakan. Perencanaan taktikal menghasilkan model finansial untuk tahun berikutnya. Taktikal melacak penjualan dan pengeluaran dan membandingkannya terhadap target dan akan melakukan perubahan yang diperluakan untuk mencapai target pendapatan dan keuntungan.
    Perencanaan long-term berfokus pada target pendapatan lima tahun kedepan, perkembangan perusahaan, produk yang akan berkembang lima tahun kemudian, apa yang membuat perusahaan dapat bertahan lima tahun kedepan, dan aksi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan.
       Setiap perusahaan juga mempunyai masalah yang akan menghambat pencapaian tujuan. Beberapa tujuan merupakan solusi dari masalah tertentu, masalah sebaiknya dicatat dengan tujuan yang didapat.
    Tujuan dan problem dapat diberikan critically ranking. Angka satu sampai lima diartikan sebagai (Martin,1980:80) :
5.   Critical to operation of bussiness (e.g., legal compliance) must be performed with rigid timetable.
4.   Critical to undisrupted operation of bussiness (e.g., payroll)
3.   Required to support bussiness (e.g., management and financial reports)
2.   Required to support bussiness; however, the importance and timetable for the activity are lower than 3 (e.g., regular schduled reports)
1.   Desireable, but absolutly requires to support bussiness.


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.