Wednesday, March 13, 2013

ANALISIS DALAM STATISTIK


1.      ANALISIS STATISTIK DESKRIPTIF 
statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya, tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum.
Mentabulasi data jawaban responden dengan menggunakan skala likert/skala lima tingkat ;
            1= sangat tidak setuju
            2= tidak setuju
            3= kurang setuju
            4= setuju
            5= sangat setuju

2.      ANALISIS REGRESI
Regresi linier sederhana ; didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal satu variabel independent dengan satu variabel dependent. Y = a + bX
Regresi berganda ; didasarkan pada keadaan dimana variabel independen lebih dari satu.
            Y = a + b1X1 + b2X2+…..bnXn + e
            Untuk bisa membuat ramalan melalui regresi, maka data setiap variabel harus tersedia.
Y = variabel dependent
X = variabel independent
a = nilai intercept (konstant)
b1, b2 = koefisien arah regresi
e = standar error

3.      HIPOTESIS PENELITIAN
Simultan (F-test dengan α = 5%)
Ho : ρ = 0 (diduga tidak terdapat hubungan/pengaruh yang signifikan antara variabel independent secara simultan terhadapa variabel dependent)
Ha : ρ # 0 (diduga terdapat hubungan/pengaruh yang signifikan antara variabel independent secara simultan terhadap variabel dependent)
Jika Fhitung > Ftabel maka Ha diterima dan Ho ditolak
Jika Fhitung < Ftabel maka Ha ditolak dan Ho diterima

Parsial  (t-test dengan α = 5%)
Ho : ρ = 0 (diduga tidak terdapat hubungan/pengaruh yang signifikan antara variabel independent secara parsial terhadapa variabel dependent)
Ha : ρ # 0 (diduga terdapat hubungan/pengaruh yang signifikan antara variabel independent secara parsial terhadap variabel dependent)
Jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak
Jika thitung < ttabel maka Ha ditolak dan Ho diterima 

4.      ALAT ANALISIS DATA
Uji validitas; derajat ketepatan alat ukur penelitian tentang isi atau arti sebenarnya yang diukur. Dengan cara menguji setiap item dalam kuesioner, menggunakan rumus korelasi product moment. Dimana syarat minimum suatu instrumen dianggap valid jika r > 0,3. nilai r dapat dikategorikan dengan keeratan hubungan yang berbeda-beda.

Uji reliabilitas ; derajat ketepatan, ketelitian atau keakuratan yang ditunjukkan oleh instrumen pengukuran. Digunakan untuk mengetahui adanya konsistensi alat ukur dalam penggunaannya, dengan kata lain alat ukur tersebut mempunyai hasil yang konsisten apabila digunakan berkali-kali pada waktu yang berbeda. Digunakan teknik alpa cronbach, dimana suatu instrumen dikatakan handal(reliabel) bila memiliki koefisien kehandalan atau alpha sebesar 0,6 atau lebih


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.