Tuesday, February 26, 2013

Pengertian Java Applet

 Pengertian Java Applet
Java applet adalah tipe yang spesial dari program java yang dieksekusi melalui internet. Secara khusus berjalan pada suatu web browser seperti Netscape Navigator, Mozilla, atau Microsoft Internet Explorer. Bagaimanapun, jika dibandingkan dengan aplikasi Java yang normal, tidak diijinkan mengakses applet pada komputer yang mana dijalankan untuk alasan keamanan. Applet ini cukup terbatas jika dibandingkan dengan aplikasi java.
Class Applet adalah sebuah subclass dari class Panel yang didefinisikan dalam AWT. Jalan terbaik untuk memahami bagaimana untuk membentuk Applet adalah dengan contoh. Jadi, berikut ini adalah contoh applet sederhana yang menampilkan "Hello world!"
import java.awt.*;
import java.applet.*;
/* masukkan bagian ini dalam kode html
<applet code="AppletDemo" width=300 height=100>
</applet>
*/
public class AppletDemo extends Applet {
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Hello world!", 80, 25);
}

Applet adalah aplikasi java yang spesial. Mereka tidak dieksekusi menggunakan perintah java. Bahkan applet berjalan pada web browser atau menggunakan applet viewer. Untuk membuka applet melalui sebuah web browser, secara sederhana buka dokumen HTML dimana applet terintegrasi kedalamnya menggunakan applet HTML tag (Perintah mengeluarkan kode pada contoh Hello World).

Cara lain untuk menjalankan sebuah applet adalah melalui perintah appletviewer. Untuk
memudahkan ikuti syntax berikut ini:
appletviewer
Sebagai contoh, untuk menjalankan contoh applet yang dijalankan , menggunakan:
appletviewer AppletDemo.java

Tag HTML pada contoh yang diberikan mengindikasikan bahwa sebuah applet dibuat dengan lebar 300 pixel dan tinggi 100 pixel. kemudian, method drawstring menggambar string "Hello world!" pada posisi pixel (80,25) menghitung kebawah dari bagian kanan.

Ketika membuat sebuah applet, dibutuhkan suatu extend class Applet. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, classnya dapat ditemukan dalam java.applet package. Oleh karena itu, mengimport the java.applet package merupakan suatu keharusan. Juga, telah disebutkan sebelumnya bahwa class Applet adalah subclass dari class Panel. Hal ini mengimplikasikan bahwa beberapa methods dari class applet ditemukan dalam class Panel.Untuk mengakses methods atau fields dalam class Panel atau class-class induk, diperlukan suatu aksi untuk import package java.awt .  

No comments :

Post a Comment

Jangan Lupa Like Fan Page nya yah :)

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator